Bibit Buah Tin bisnis buah tin. budidaya buah tin cara budidaya buah tin Jual Bibit Buah Tin

Budidaya Buah Tin

Budidaya buah tin menjadi primadona baru pecinta agribisnis di Indonesia. Budidaya buah Tin (Ficus carica) atau disebut juga Ara atau fig adalah salah satu peluang usaha baru yang belum banyak dikembangkan dan dimaksimalkan oleh khalayak petani Indonesia. Itulah sebabnya, masih banyak kesempatan terbuka lebar mengingat pemainnya masih sedikit.
Pohon Tin setelah diujicoba beberapa kali di Indonesia, rupanya bisa dibudidayakan di Indonesia. Sudah banyak pengusaha yang membudidayakan buah tin seperti di daerah Magelang, Jogja, Pati, Bogor, Bandung, Jakarta dan lain sebagainya. Bibit buah tin bisa didapat dari cangkokkan, anakan yang keluar dari fig dewasa maupun dari stek batang.
Kandungan yang terdapat dalam buah tin tak kalah hebatnya dengan buah apel dan jeruk. Disebutkan di suatu penelitian California Figs Nutritional Information, buah tin mengandung serat (dietary fiber) yang sangat tinggi. Setiap 100 gr buah tin kering terkandung 12,2 g serat sedangkan apel hanya mengandung 2 g dan jeruk 1,9 g.

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

Mengonsumsi buah tin atau ara secara teratur menurut para pakar kesehatan dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya. Disamping itu, buah tin juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengangkat senyawa karsinogen penyebab kanker.
Fig juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan. , seperti omega 3 dan omega 6. Buah fig rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes mellitus. Beragam vitamin dan mineral terkandung dalam buah tin dengan kandungan vitamin A sebanyak 9.76Iu, vitamin C 0,68 mg, 133,0 mg dan zat besi 3,07 mg
Kandungan nutrisi buah Tin atau Ara ini bisa mengurangi kolesterol jahat, menbuatkan jantung dan menormalkan pernafasan bagi penderita sesak nafas. Buah Fig yang sekeluarga dengan beringin ini ada banyak jenis, buahnya bisa warna hitam, kuning, abu abu ataupun hijau. Banyak pilihan dech pokoknya.

Peluang yang terbuka lebar

Sampai saat ini, masih sedikit yang membudidayakan buah tin. Pada hal pangsa pasarnya amat tinggi terutama bagi pemeluk Islam mengingat buah Tin diabadikan dalam kitab suci Qur’an surat At-Tin. Banyak tersirat rahasia dan makna di balik ayat tersebut dan wajar bila banyak pemeluk Islam utamanya yang tertarik memakan dan membudidayakan buah tin.  
bibit buah tin

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *