Mengenal Buah Tin

buah tin

 

Mengenal Buah Tin

Tin secara ilmiah disebut Ficus carica, biasa disebut ara. Tanaman ini merupakan spesies bunga dalam genus Ficus dari keluarga Moraceae. Moraceae adalah jenis tumbuhan penghasil buah buahan yang dapat dimakan manusia. Konon, tanaman ini berasal Timur Tengah dan Asia Barat. Mulai dikembangkan sejak zaman kuno dan sekarang banyak ditanam di negara beriklim sedang baik untuk buah maupun sebagai tanaman hias.
Nama buah tin sebenarnya diambil dari bahasa arab dan biasa dikenal ara, ada juga yang menamainya anjeer. Sedangkan dalam istilah bahasa inggrisdisebut fig. Buah tin ini banyak mengandung bahan bahan atau zat zat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Disamping bisa menurunkan darah tinggi, kanker juga antioksidan bagi tubuh untuk melawan kuman penyakit.
Buah tin mempunyai banyak jenis yang tersebar diseluruh dunia. Untuk mengenali buah tin bisa diketahui dari daun dan buahnya. Sedangkan struktur batang pohon buah tin memiliki karakteristik yang hampir sama. Seluruh bagian pohon buah tin sangat banyak mengandung getah yang berwarna putih seperti susu. Getah ini sangat lengket dan apabila mengenai kulit yang sensitif akan terasa gatal., bahkan apabila tidak segera dicuci akan bisa meninggalkan noda yang susah hilang. Cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan bagian tubuh yang kena getah dari pohon tin dengan air bersih.
Tin adalah buah buahan yang mengandung zat sejenis alkalin yang mampu menghilangkan keasaman pada tubuh. Zat zat aktif yang terdapat dalam buah tin adalah sejenis zat zat pembersih yang bisa dipakai untuk mengobati luka luar dengan cara melumurinya. Unsur yang terkandung dalam buah tin adalah karbohidrat, protein, dan minyak. Buah tin juga banyak mengandung yodium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang, chlorin serta asam malic dan nicotinic.

Kaya Vitamin A,C dan Kalsium

buah tinHasil sebuah penelitian mengatakan bahwa buah tin termasuk buah yang dapat merangsang pembentukan hemoglobin darah sehingga bisa membantu mengatasi penyakit anemia. Di samping itu, buah tin juga mengandung kadar glukosa tinggi. Bahkan, Departemen Pertanian Amerika Serikat mengungkapkan buah Tin mengandung beragam nutrisi mulai dari vitamin A, C, Kalsium, Magnesium hingga potasium. Buah ini juga baik untuk mengendalikan nafsu makan dan membantu usaha penurunan berat badan.

 

Anda ingin membudidayakan buah tin? Kami sedia bibit buah tin. Ready stock. Siap kirim kirim ke seluruh Indonesia. Hubungi SMS/WA 087838393451. Salam sukses untuk pembudidaya buah tin.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *