Peluang Bisnis Budidaya Buah Tin

pohon tin

Peluang Bisnis Budidaya Buah Tin

Permintaan bibit buah tin terus melonjak setiap tahun. Selain enak, buah dan daun tanaman ini mempunyai banyak khasiat. Bahkan, di Karawang ada seorang penjual bibit ara mampu mengantongi omzet 35 juta. Mantap bukan?
Belum banyak yang mengenal pohon tin atau ara di Indonesia. Tanaman dari Timur Tengah ini termasuk langka, sebab baru masuk ke tanah air beberapa tahun terakhir. Buah yang dihasilkan dari pohon ara dipercaya mengandung banyak manfaat. Selain mencegah kanker, buah ara juga dipercaya mampu mengobati diabetes. Kandungan serat yang tinggi dengan beragam vitamin dan mineral membuat buah tin fenomenal bagi dunia kesehatan.
Penelitian California Fig Nutritional Information menunjukkan, setiap 100 gram buah ara mengandung vitamin A sebanyak 9,76IU, vitamin C 0,68 mg, kalsium 133,0 miligram (mg) dan zat besi sebanyak 3,07 mg. Buah ara juga mengandung serat yang sangat tinggi. Dari 100 gram buah ara kering, terkandung 12,2 gram serat. Jumlah itu lebih tinggi ketimbang apel yang hanya mengandung 2,0 gram dan jeruk 1,9 gram.
Riset universitas Rutgers di New Jersey, Amerika Serikat memperlihatkan bahwa buah ara mengandung antioksidan yang dapat mengikat senyawa karsinogen penyebab kanker. Tak heran bila pakar kesehatan menganjurkan mengonsumsi buah ara secara teratur. Selain dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, serat yang terkandung di dalamnya juga mampu mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya.
Tak Cuma buahnya, daun pohon ara ternyata juga bermanfaat untuk menghancurkan batu ginjal. Caranya, dengan meminum hasil rebusan tujuh lembar daun setiap pagi dan malam hari sebanyak dua gelas. Khasiat buah dan daun ara itu juga diungkap Catur Kuswantoro, pemilik kebun Bambu Kuning Nature di Karawang, Jawa Barat.
Menurutnya buah tin ini tidak hanya disarankan oleh para pakar kesehatan, namun juga oleh beberapa kitab suci agama. “makanya, pohon ini disebut sebagai pohon kehidupan. Banyak juga yang menyebutnya buah surga”.
Dengan berbagai manfaat tersebut tak heran bila permintaan bibit pohon tin terus meningkat. Di tempat pembibitan Catur, bila tahun lalu permintaan bibit hanya ratusan, tahun ini sudah mencapai ribuan bibit pohon ara. Satu bibit pohon ara dijual dengan harga mulai terbawah 35 ribu. Itu artinya , Catur bisa mengantongi omzet penjualan sebanyak 35 juta sebulan dari 1000 bibit yang dia jual.

 

Berminat budidaya buah tin? Kami jual bibit buah tin ready stock siap kirim kirim ke seluruh penjuru nusantara. Untuk pemesanan bisa menghubungi SMS/WA 087838393451.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *