Bagaimana Cara Penanaman Pohon Tin Di Tanah?

Bagaimana Cara Penanaman Pohon Tin Di Tanah?

 
bibit buah tin
 
            Banyak kawan kawan penghobi tin yang bertanya ke kami perihal, bagaimana cara menanam pohon tin di tanah? Pertanyaan tersebut muncul tentu saja bukan tanpa sebab. Banyak yang beranggapan bahwa tanaman tin cocok di polybag saja. Padahal banyak cara menanam tin, termasuk dengan menggunakan media tanah langsung.

Media Tanah Subur

            Pada dasarnya, tanaman pohon tin cocok di tanam dalam beberapa media termasuk tanah. Pertanyaannya, tanah seperti apa yang cocok untuk menanam pohon tin? Tanah yang cocok untuk menanam tin tentu saja yang subur; dengan ciri ciri banyak mengandung unsur organik dan mudah ditumbuhi tanaman lainnya.
            Lalu langkahnya seperti apa bila ingin menanam tin di tanah? Yang pertama tentu saja mengondisikan lahan atau tanahnya dulu. Caranya dengan membuat lubang tanam dengan diameter 40-50 cm. Lalu masukkan unsur hara atau pupuk organik semacam kotoran kambing (yang sudah lama) ke dalam tanah tersebut selama satu minggu. Taburi pula sekam di lubang tanam tersebut. Jangan lupa siram dengan pupuk organik cair semacam  EM4, biar pupuk organik padat tadi bekerja dengan baik.

Bibit Buah Tin Unggul

            Kemudian langkah berikutnya tinggal menyiapkan bibit buah tin. Bibit buah tin yang ditaruh di tanah sebaiknya bibit yang sudah berumur minimal dua bulan dari pemindahan cangkokan. Sebab, bila bibit hasil cangkokan masih baru rawan layu dan tidak kuat terhadap sengatan matahari.
            Lalu apa solusinya bila bibit buah tin yang tersedia kurang dari dua bulan (dari pencangkokan)? Caranya tentu saja taruh dulu di teras atau tempat teduh untuk sementara waktu. Setelah bibit siap baru dilepas di tempat terbuka. Ini berdasarkan pengalaman sih. Karena pengalaman kami bibit pohon tin yang masih “baru” biasanya mudah layu oleh sengatan matahari dan cucuran air hujan.
            Nah, setelah bibit pohon tin ditanam di tanah, lakukan penyiraman secukupnya. Lebih bagus lagi disemprot dengan vitamin B 1 untuk mengindari terjadinya stress dalam tanaman buah tin. Lakukan perawatan secara rutin dengan melihat situasi dan kondisi. Bila sinar matahari berlebih lakukan penyiraman secara rutin, misal dua hari sekali. Tetapi bila musim hujan bisa berkala. Selamat mencoba ya.       

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *