Tabulampot Buah Tin yang Digemari

 

Tabulampot Buah Tin

Tanaman buah dalam pot (Tabulampot) Buah tin perlahan tapi pasti mendapatkan respons yang positif dari para penghobi tin. Tabulampot bibit buah tin menjadi tren baru dalam beberapa tahun terakhir ini. Banyak para penghobi tin yang menanam buah tin dalam polybag. Alasannya sederhana; yaitu sebagai hobi dan bisnis, disamping juga melihat sisi khasiat dan manfaat tin yang memang luar biasa.  

Manfaat Buah Tin

Buah tin merupakan buah yang kaya akan gizi karena mengandung molekul gula, vitamin serta mineral. Buah tin sering digunakan untuk produksi susu, sedangkan bagi orang Arab, mereka sering merebus daun tin sebagai obat untuk mengatasi nyeri menstruasi. Khasiat buah tin ini dihasilkan dari kandungan nutrisinya. Sejumlah nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, zat besi dan kalsium ada di dalam buah tin. Oleh karena itu buah tin sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat buah tin yang patut diketahui yaitu:

Manfaat Buah Tin

Anti Bakteri, virus dan jamur – Buah tin mampu membunuh bakteri pengganggu kesehatan. Kandungan buahnya dapat membunuh mikroorganisme yang bisa menyebabkan virus dan jamur.
Diet – Cocok untuk orang-orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Menambahkan manfaat apel dan buah tin, dapat menjadi cemilan enak saat diet.
Pembentukan sel darah merah – Memicu pembetukan sel darah merah (hemoglobin) sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita anemia. Selain itu, peningkatan darah merah juga mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan.
Sistem Pencernaan – Tidak hanya manfaat buah pepaya yang mampu memperlancar pencernaan, namun buah tin juga dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar
Resiko penyakit jantung – Kandungan omega 3 dan kalium, mencegah terjadinya jantung koroner. Zat kalium ini juga banyak terdapat pada manfaat pisang dan manfaat mangga.
Kalsium – Kandungan kalsiumnya sama seperti manfaat susu yang akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah tin bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.
Asam Urat – Memperkuat tulang dan sendi sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita asam urat.
Asma – Membantu pernapasan bagi penderita asma
Tekanan darah – Menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga menghindari resiko darah tinggi.
Kanker Prostat – Dapat mengurangi resiko kanker prostat karena mengandung coumarin.
Pengganti Susu – Buah tin mengandung kalsium yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pengganti susu bagi penderita alergi produk susu. Hal ini sama seperti manfaat susu kedelai yang dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi.
Membantu tidur – Buah tin dapat membuat tidur lebih nyenyak dan menghindarkan insomnia karena kandungan trytophan. Seperti yang terdapat pada manfaat coklat.
Kolesterol – Dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah karena mengandung pektin. Zat ini dapat menurunkan lemak yang terkandung dalam karena mengandung trigliserida.
Penangkal Tumor – Mengandung benzaldehid serta fenol yang berkhasiat sebagai zat penangkal tumor.
Gula darah – Serat yang terdapat dalam buah tin berguna untuk memperlambat penyerapan gula atau glukosa pada usus kecil. Buah tin juga mampu mengontrol kandungan gula darah karena mengandung fruktosa.
Mengobati luka – Caranya cukup mudah, masak buah tin kering hingga mandidih, lalu dicampur dengan susu. Setelah masak, dinginkan ramuan bauh tin ini, kemudian balut bagian luka dengan mengoleskan ramuan ini.
Merawat kulit wajah – Buah tin dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Rutin mengkonsumsi buah tin ini, cukup dihaluskan dan dijadikan masker untuk perawatan kulit wajah.
Pengganti gula – Rasa manis asli dari buahnya, sering digunakan sebagai sumber bahan makanan yang kerap digunakan untuk menggantikan gula.
Obat usus dan lambung – Pengobatan usus dan lambung ini dibuat dengan, 6 buah tin yang dipotong-potong. Kemudian campurkan manfaat minyak zaitun dan potongan jeruk nipis. Setelah tercampur rata, diamkan selama semalam. Setelah itu ramuan ini siap untuk diminum.
Menjaga kesuburan – Buah tin mampu meningkatkan sperma dan kesuburan bagi seseorang karena mengandung anti oksidan yang sangat tinggi. Anti oksidan tersebut lah yang berperan melindungi asam lemak sperma dan menghindarkan dari kerusakan.
 

Pemindahan Bibit Tin ke Dalam Pot

  1. Siapkan pot plastik berdiameter 40 cm, isi bagian dasarnya dengan pecahan bata atau genting hingga merata.
2.      Masukkan media tanam ke dalam pot hingga ketinggian setengahnya. Campuran media tanam yang digunakan berupa tanah subur, pupuk kandang, sekam mentah, dan sekam bakar dengan perbandingan 1 : 2 : 1 : 1.
3.      Masukkan bibit buah tin ke dalam media tanam tepat di tengahnya.
4.      Tambahkan kembali media tanam ke dalam pot hingga ketinggian 2 cm dari bibir pot, tekan-tekan agar media memadat, lalu siram dengan air secukupnya.
5.      Letakkan tanaman di tempat teduh selama seminggu. Setelah itu, tanaman bisa dipindahkan di tempat terbuka secara bertahap.
tabulampot tin
 
Perawatan Harian Tabulampot Tin
Pemupukan
 
Untuk memacu pertumbuhan tanaman buah tin, pemupukan bisa menggunakan NPK 15-15-15 dengan dosis sebanyak 1 sendok teh yang diberikan setiap dua minggu sekali. Jika perlu, tambahkan juga pupuk hayati dengan beragam merek dagang yang dijual di pasaran. Terbukti pupuk hayati ini dapat memacu pertumbuhan buah.


Penyiraman
 
Jika ditanam di daerah bersuhu lembap (25—30° C), penyiraman cukup dilakukan seminggu sekali. Namun, jika ditanam di daerah bersuhu panas (30—38° C), penyiraman bisa dilakukan dua kali sehari.


Penggantian Media tanam
 
Penggantian media bisa dilakukan dua tahun sekali untuk menunjang pertumbuhan buah dan tanaman. Komposisi campuran media yang digunakan sama dengan media tanam sebelumnya. Jika pohon semakin membesar, otomatis dilakukan juga penggantian pot (repotting) dengan pot yang lebih besar.

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *