Struktur Pohon Buah Tin

 Struktur Pohon Buah Tin

 Batang Pohon Tin

Tinggi tanaman pohon tin bisa mencapai beberapa meter. Batang pohon tin apabila masih muda, umumnya berwarna hijau dan struktur batang tidak terlalu kuat sehingga apabila terkena hempasan angin akan mudah sekali roboh, meskipun tidak sampai membuat batang muda patah karena batang muda pohon tin sangat lentur.

Itulah sebabnya, untuk menghindari dari batang muda yang mudah roboh, disarankan batang muda pohon buah tin disangga oleh penyangga atau ajir atau lanjaran (bahasa Jawa) yang terbuat dari bambu maupun ajir buatan yang dijual di toko toko perlengkapan taman. Batang pohon tin yang sudah tua berwarna coklat kehitaman, tidak jauh berbeda dengan warna batang tua pohon pohon tanaman lain.

Batang pohon tin bisa berukuran besar dan kuat dipanjat orang dewasa. Nah, untuk mengendalikan pertumbuhan batang pohon buah tin ini bisa dilakukan pemotongan secara berkala (pruning).

bibit buah tin

bibit buah tin

Daun Buah Tin

Daun tin mempunyai corak khas yang unik. Meskipun bentuk daunnya tidak sama untuk jenis atau varietas bauh tin yang berbeda , tetapi daun ini mempunyai persamaan karakteristik. Daun tin mempunyai tekstur yang kasar, hampir sama seperti daun jati tua. Daun buah tin mempunyai batang penyangga yang panjang, seperti daun jarak sehingga seringkali orang yang belum tahu pohon buah tin akan mengira pohon buah tin sebagai pohon jarak.

Kebanyakan daun buah tin berbentuk seperti jari atau berjari sebanyak 5 jari. Meskipun ada daun buah tin untuk jenis tertentu tidak berjari. Dalam satu pohon tin bisa memiliki bentuk daun yang berbeda, hal ini bisa terjadi karena kadangkala daun buah tin untuk jenis tertentu tidak berbentuk dengan sempurna karena kurangnya nutrisi yang dibutuhkan tanaman atau kekurangan sinar

matahari.

Manfaat Buah Tin

Daun tin dan buah tin adalah termasuk tanaman herbal yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang banyak untuk kesehatan. Menurut berbagai sumber, tanaman ini mempunyai kegunaan atau khasiat untuk menyembuhkan sakit diabetes, batu ginjal, penyakit dalam, kanker dan lain sebagainya.

Anda ingin budidaya buah tin? Kami sedia bibit buah tin. Ready stock dan siap kirim kirim ke seluruh Indonesia.  Hubungi 087838393451.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *