Tips Mengatasi Penyakit Jamur di Pohon Tin

Jual Bibit Buah Tin.com, –  Penyakit jamur bisa menyerang segala tanaman termasuk dalam hal ini buah tin. Datangnya penyakit jamur tentu bukan tanpa sebab. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini begitu mudah dijumpai dalam budidaya buah tin.  Namun tenang saja, kali ini kami akan berbagi tips mengatasi jamur untuk anda semua pembaca setia yang budiman.

Penyebab Penyakit Jamur Pada Pohon Tin

Ya, penyakit jamur biasa menjangkiti tanaman yang lembab, kurang sinar matahari dan basah. Penulis pernah mengalami sendiri tatkala tanaman tin tiba tiba layu. Usut punya usut rupanya setelah saya teliti batangnya terserang jamur. Tak lama kemudian tanaman kering dan mati.

Waktu itu sebenarnya sudah saya upayakan dengan menyemprot vitamin B 1 dan fungisida. Namun tampaknya jamur nya lebih kuat sehingga tidak mempan meski disemprot fungisida , B 1 dan ZPT. Saya teliti mengapa bisa terserang jamur? Saya cari akar permasalahannya. Rupanya saya pun akhirnya menemukan jawabannya. Yaitu posisi bibit pohon tin kurang mendapat sinar matahari. Sementara kondisinya sering lembab karena setiap pagi saya semprot vit B 1.

Solusi Mengatasi Penyakit Jamur Pada Pohon Tin

Kesimpulan tersebut saya temukan setelah saya analisa bibit buah tin yang lain terutama yang mendapat sinar matahari tidak terkena serangan jamur, bahkan cenderung segar dan sehat dan hijau. Masalah tersebut pun saya coba konsultasikan dengan teman teman pembudidaya tin lainnya. Jawaban atau solusinya pun sama; pastikan kena sinar matahari terutama di pagi hari.

jamur di pohon tin

Namun, untuk bibit pohon tin yang masih baru sebaiknya jangan terkena sinar matahari secara terus menerus alias sehari full kena sinar matahari. Sebab bila bibit pohon tin yang masih baru (belum berumur 2 bulan) bisa mudah layu dan akhirnya mati. Jadi, sinar matahari secukupnya saja. Baru kalau sudah dua bulan dari awal penanaman bisa ditaruh di tempat terbuka.

Cara Pencegahan Penyakit Jamur

Untuk mencegah terjadinya serangan jamur disamping tanaman mendapat sinar matahari juga bisa dilakukan dengan menyemprot Fungisida, ZPT dan B 1 pada daun, batang dan sekitar tanaman buah tin. Hanya saja di musim penghujan seperti ini intensitas penyemprotannya jangan keseringan. Secukupnya saja. Dan sekali lagi, sebagaimana manusia, tanaman tin juga membutuhkan adanya sinar matahari di pagi hari untuk kesehatan dan penunjang tumbuh kembangnya tanaman. Semoga anda berhasil dalam budidaya buah tin.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *