bibit buah tin
Bibit Buah Tin Jual Bibit Buah Tin

Insektisida Alami Dalam Budidaya Pohon Tin

Insektisida Alami  dalam Penanaman pohon Tin

Hama dan penyakit pada tanaman yang menyerang pohon tin merupakan kendala pokok dalam proses budidaya tanaman tin , selain cuaca dan kondisi alam. Tak heran jika para petani berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi hama itu dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan pestisida.

Hal ini memunculkan banyak produsen pestisida yang memproduksi berbagai merk pestisida untuk mengatasi hama dan penyakit tanaman. Sayangnya sebagian besar pestisida tersebut merupakan pestisida kimia.

bibit buah tin

Pengaruh Insektisida Kimia Bagi Lingkungan

Meski kinerjanya memang terbukti ampuh, namun sebenarnya dampak yang ditimbulkan karena penggunaan pestisida kimia yang tidak sesuai prosedur sangatlah berbahaya. Berbahaya bagi siapa? Bagi manusia, bagi makhluk hidup lainnya serta bagi lingkungan. Pengaplikasian pestisida sebenarnya harus disertai dengan Alat pelindung diri yang tepat seperti baju lengan panjang, sarung tangan kedap air, kacamata, masker dan pelindung rambut (kepala). Itulah sebabnya, artikel kali ini berusaha mengangkat bagaimana mencegah terjadinya penyakit tin dengan membuat insektisida alami.

  1. Insektisida Pertama

Hama sasaran : Semut, Tungau, Lalat Buah, Ulat, Jangkrik, Belalang, Laba-laba dan lain-lain

Bahan :

  • Daun Tomat 1-3 ons
  • Bawang Putih 1 ons
  • Lengkuas 3 ons
  • Batang Serai 3 helai
  • Merica secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Campurkan semua bahan lalu haluskan dengan blender hingga halus
  • Tambahkan 1 Liter lebih air lalu rebus hingga mendidih
  • Setelah mendidih saring air agar ampasnya hilang lalu air disimpan

Aplikasi dan Cara Penggunaan : Campurkan 50 – 100 cc pada 1 tangki air (14L) lalu semprotkan pada tanaman hingga merata. Waktu aplikasi sebaiknya sore dan jika anda membutuhkan pelekat alami maka gunakan putih telur 1-2 butir

  1. Insektisida Kedua

Hama Sasaran : Thrips, Aphids, Kutu Daun, Kutu Kebul, Jangkrik dan Belalang

Bahan : Tembakau 4 ons

Cara Pembuatan :

Rebus Tembakau dengan 2 Liter air atau lebih lalu tunggu hingga airnya tinggal 1 Liter. Saring air rebusan dan dinginkan lalu simpan di botol dan tutup rapat.

Cara Pakai :

Pada tanaman cabe saat terlihat gejala keriting daun maka larutkan 10-20 cc per tangki (14 L) lalu semprotkan merata pada sore hari (dibawah pukul 2 siang).

 

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *