Bibit Buah Tin

Bibit Buah Tin
November 5, 2019 No Comments Bibit Buah Tin admin

Manfaat Pohon Bibit Buah Tin

Dalam suatu riwayat dari Abu Darda, dijelaskan bahwa telah dihidangkan kepada Nabi Muhammad SAW suatu menu dari buah tin, maka Nabi mengajak sahabat sahabat nya menyantap bersama, beliau lalu bersabda: “ Jika aku mengatakan buah turun dari surge, maka buah inilah..”

Menurut pendapat Imam Ibnu al- Jawziyyah, Buah Tin memiliki banyak khasiat, diantaranya dapat mengurangi penyakit sesak nafas, membersihkan hati dan limpa juga pengencer dahak serta memberi khasiat yang baik pada tubuh, sebagai langkah pencegahan untuk melawan racun dalam tubuh kita.

Buah tin adalah “Nature,s most nearly perfect fruit,” kata Oliver Alabaster yaitu buah yang hampir mencapai tahap kesempurnaan secara keseluruhan. Buah tin telah diangap oleh pakar makanan sebagai makanan Nutraseutikal yaitu buah yangmultikhasiat karena memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh dan pecegah penyakit tertentu.

bibit buah tin
bibit buah tin

Manfaat Pohon Tin

Buah tin mengandung monosaccharides  (molekul gula tungal), unsur unsur mineral dan vitamin. Buah tin oleh bangsa arab dimanfaatkan untuk mengobati sembelit. Orang orang arab dan Badui juga memanfaatkan rebusin daun tin untuk mengobati gangguan menstruasi. Selain itu, ia juga bisa digunakan untuk memproduksi susu.

Manfaat buan tin bisa juga untuk mengobati encok. Encok yang juga disebut “penyakit raja” karena salah satu penyebabnya adalah berlebihan makanan daging merah yang menyebabkan kerusakan asam amino, yaitu asam sel somatic. Buah tin menormalkan kinerja enzim.

Penelitian Pohon Bibit Buah Tin

Professor J.A Vincon , USA menyebutkan bahwa buah Tin mengandung garam, lemak dan kolesterol, juga mengandung kalium tinggi, serat dan zat besi. Hasil penelitian dari 100 gram buah tin, mengandung 20 % daripada keperluan zat serat harian untuk tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut.

Penelitian menunjukkan bahwa serat terlarut boleh membantu gula dalam darah dan mengurangkan kolesterol dalam darah di dalam saluran pencernaan, manakala serat tidak larut, dapar melindungi dan mencegah kanker kolon (usus besar).

Demikian diantara manfaat buah tin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Itulahah sebabnya, menanam bibit buah tin selalu relevan dan penuh manfaat bagi kita. Selain buahnya yang kaya manfaat, daun tin juga bisa digunakan sebagai teh, rebusan minuman yang menyehatkan berbahan herbal.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat