Manfaat dan Khasiat Buah Tin

Manfaat dan Khasiat Buah Tin
April 22, 2020 No Comments Bibit Buah Tin,Jual Bibit Buah Tin admin

Mungkin Anda pernah mendengar buah tin atau buah ara. Tumbuhan ini berasal dari daerah Asia Barat. Pohon tin masih berkerabat dengan beringin. Tin dan beringin memiliki genus yang sama, yaitu Ficus. Pohon tin tumbuh di daerah Asia Barat, dari pantai Balkan hinggg Afganistan. Kini, pohon tin telah tersebar di berbagai penjuru dunia. Dan, pembudidaya bibit buah tin bisa didapatkan di mana-mana. Pohon tin bisa tumbuh menjulang hingga 10 m dengan batang lunak abu-abu. Daunnya pun cukup besar dan berkeluk.

Dalam Al-Qur’an maupun Bible pohon ara beberapa kali disebut. Di Indonesia, pohon ara sering disebut dengan pohon tin. Pohon tin kini mulai dikembangkan di Tanah Air. Nama ilmiah pohon tin adalah Ficus carcia L. Banyak orang percaya, buah tin termasuk buah yang sudah sangat tua. Pohon tin konon telah ditemukan bahkan sejak 5000 tahun sebelum masehi.

Buah tin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Kandungan Coumarin dalam buah tin dipercaya dapat mencegah penyakit kanker prostat. Namun, tak hanya kanker prostat yang bisa diatasi oleh buah tin, kanker payudara pun konon bisa disembuhkan oleh buah tin. Selain itu, kalsium yang terkandung dalam buah tin juga dapat mencegah penyakit Osteoporosis. Hal ini karena kalsium dapat menambah kepadatan tulang. Tin sangat cocok bagi orang-orang yang alergi susu.

Kandungan Buah Tin

Buah tin memiliki kandungan positif yang kompleks. Buah tin memiliki kandungan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik untuk tubuh. Adapun kandungan vitamin dalam buah tin sangatlah lengkap, mulai dari vit A, vit C, vit E, vit K, dan vit B kompleks. Di samping itu, kalium, zat besi, mangan, magnesium, kalsium, zinc, sodium, dan selenium juga dimiliki oleh buah tin.

Buah tin juga memiliki senyawa antioksidan, yaitu fitonutrien dalam bentuk karotenoid. Bagi Anda yang sedang diet, konsumsi buah tin juga bisa membantu program diet Anda. Pasalnya, buah tin termasuk buah yang rendah kalori dan tak memiliki kandungan lemak.

bibit buah tin

Khasiat Buah Tin

Berkat kandungan yang banyak itu, buah tin sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sudah lama manusia memanfaatkan buah tin. Beberapa manfaat dan khasiat bua tin, antara lain sebagai berikut:

  1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Buah dari pohon ara ini memiliki kandunga serat larut berupa pektin. Kandungan ini membuat buah tin mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Sebab, kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dalam darah dapat memicu serangan jantung. Bagaimanapun serangan jantung sudah membunuh jutaan manusi di muka bumi.

  • Buah tin menurunkan tekanan darah

Kalium yang terkandung dalam buah tin dapat membantu menjaga tekanan darah.

  • Dapat mengatasi sembelit

Kandungan serat yang berlimpah pada buah tin bisa mengatasi sembelit. Kita semua tahu bahwa serat penting untuk melancarkan kerja-kerja penernaan. Serat dapat meningkatkan fungsi usus  sehingga menjadi sehat. Namun, tak hanya sembelit yang dapat diatasi oleh buah tin. Tetapi, buah tin juga dapat mengatasi diare serta kerja usus yang tak sehat dan tak teratur.

  • Mengatasi anemia

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan anemia, buah tin bisa jadi solusi yang pas. Gejala anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh ini bisa diatasi dengan konsumsi makanan yang kaya zat besi. Dan kandungan zat besi seta beragam vitamin yang ada di dalamnya bisa membuat orang yang bergejala anemia sembuh.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium yang terkandung dalam buah tin juga dapat mencegah penyakit Osteoporosis.

  • Mengobati Radang Tenggorokan dan Amandel

Banyak orang terserang radang tenggorokan dan amandel. Hal ini memang sangat mengganggu. Ketika terserang amandel atau radang, tenggorokan akan terasa sakit dan menyebabkan sulit makan. Nah, buah tin bisa jadi solusi. Jus yang dibuat dari buah tin bisa menurunkan rasa sakit di tenggorokan. Hal ini dikarenakan khasiat buah tin yang juga dipercaya dapat mengatasi perdangan dan pembengkakan pada amandel.

Selain enam hal di atas, masih banyak lagi manfaat yang dimiliki oleh buah tin. Bagaimana tidak, kandungan yang kompleks dalam buah tin bisa mengati berbagai keluhan kesehatan. Jadi, untuk apa Anda ragu mulai mengonsumsi buah tin secara rutin. Apalagi, diberbagai kitab suci agama, khasiat tin pun juga disebutkan.

Buah tin memang unggul dan bisa diandalkan untuk mengatasi penyakit. Bahkan, bisa mengatasi masalah kesehatan serius seperti kanker prostat dan kanker payudara. Melihat hal itu, tak heran lagi bila banyak orang mempercayai bahwa pohon tin adalah pohon yang dikirim dari surga untuk dianugerahkan kepada penduduk bumi.

Melihat beragam manfaat yang dikandung buah tin, mungkin Anda mulai berpikir untuk melakukan budidaya buah tin. Namun, hal dasar yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan budidaya adalah memastikan bahwa bibit yang akan Anda pakai adalah bibit buah yang unggul. Sebab, bibit buah tin yang jelek bisa berakibat buruk pada perkembangan pohon tin dikemudian hari.

Apabila Anda tertarik untuk memulai budidaya buah tin, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit buah tin unggulan yang terpercaya.  Jika Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *