Cara Mudah Budidaya Buah Tin

Cara Mudah Budidaya Buah Tin
April 23, 2020 No Comments Bibit Buah Tin,Jual Bibit Buah Tin admin

Dalam artikel bulan hari lalu, kita telah membahas perihal manfaat jahe merah. Maka, dalam artikel ini kita akan belajar perihal teknik budidaya pohon ara agar pertumbuhan didapat secara maksimal. Jika tertarik, maka simaklah baik-baik. Jika Anda membutuhkan bibit buah tin, kami jual bibit buah tin yang sangat berkualitas.

Tak sulit untuk bisa membudidayakan buah yang memiliki kandungan khasiat yang luar biasa ini. Anda bisa memaksimalkan budidaya buah tin dengan menggunakan bibit buah tin unggul sebagai benih.

Buah tin memang ajib. Di Al-Qur’an dan Bible, tumbuhan satu ini beberapa kali disebut.  Banyak sekali khasiat yang bisa diperoleh setelah mengonsumsi buah ara. Buah tin bisa membantu penyembuhan penyakit kronis seperti kanker prostat dan kanker payudara. Tapi, tak hanya itu, Anda bisa juga mendapatkan untung besar karena budidaya buah tin memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Membudidayakan Bibit Buah Tin

Pembudidayaan buah tin bisa dilakukan menggunakan medium pot. Namun, pertama kali yang harus dilakukan sebelum melakukan budidaya adalah menyiapkan bibit. Pembibitan buah tin dapat dilakukan melalui 3 teknik yang nantinya bisa Anda kembangkan sendiri. Tiga teknik itu, yaitu pembibitan dengan perbanyakan biji, pembibitan dengan teknik steak batang, dan pembibitan dengan teknik cangkok.

  • Budidaya melalui biji

Cara melakukan pembibitan dengan biji adalah dengan menggunakan buah yang telah tua dan mengering. Setelah itu, ambil bijinya, lalu dijemur dan disimpan. Biji yang telah dijemur tersebut kemudian direndam dalam air bersih. Dalam tahap perendaman ini Anda dapat menyeleksi biji mana yang berkualitas baik dan yang buruk. Biasanya, biji yang mengambang adalah biji yang memiliki kualitas yang jelek. Begitu sebaliknya, biji yang tenggelam adalah biji dengan kualitas yang terbaik.

Jika semua beres, Anda mesti menyiapkan media untuk menyemai. Anda bisa memanfaatkan polybag ataupun lahan untuk pendederan. Agar hasil lebih maksimal, gunakan media yang diisi oleh campuran tanah, sekam, pupuk kandang, dan pasir. Perbandingan campuran tersebut, yaitu 2 : 2 : 1.

Apabila media untuk menyemai sudah siap, ini adalah saatnya anda menebarkan biji. Setelah itu, tutuplah dengan tanah tipis dan usahakan merata.

Biji akan berkecambah setelah berumur 3 minggu. Dalam proses tersebut lakukan penyiraman pada media tanam secara rutin. Jika bibit telah mencapai tinggi 15 cm, pindahkan bibit ke lahan yang akan digunakan untuk pembesaran (lahan permanen).

Budidaya melalui biji ini memiliki kelemahan. Tak jarang bibit gagal tumbuh dan kecambah rusak sebelum siap untuk dijadikan bibit. Selain itu, budidaya melalui biji buah tin ini berisiko karena kita tak tahu biji yang digunakan diambil dari indukan yang memiliki kualitas baik atau buruk. Budidaya melalui bibit ini juga membutuhkan waktu yang lumayan.

Jadi, akan lebih baiknya jika Anda membili bibit buah tin berkualitas dari pembudidaya terpercaya. Selain menghemat waktu, membeli bibit berkualitas dari pembudidaya terpercaya lebih menguntungkan karena kualitas bibit lebih terjamin.

  • Perbanyakan dengan cara stek batang

Teknik perbanyakan melalui stek batang bisa dimulai dengan memilih batang tua dan kokoh. Setelah itu, potong batang atau cabang tanaman tin dengan ukuran 10 – 15 cm dengan cara dipotong miring. Persemaian dilakukan dengan media pasir dan kompos. Jika sudah, lakukan penyiraman setiap hari pada tanaman. Pada hari ke 45, pohon tin akan mulai memiliki banyak batang sehingga siap dipindahkan ke lahan baru.

  • Perbanyakan melalui cangkok

Dalam teknik cangkok anda perlu menggunakan pohon tin yang batangnya masih muda dan hijau. Kemudian siapkan plastik transparan, lalu balut batang pohon tin yang akan dicangkok menggunaka sabut kelapa yang dibungkus dengan plastik transparan tadi. Setelah itu ikat media cangkok pada bagian pangkal dan ujjungnya menggunakan tali.

Panjang cangkokan yang dibutuhkan hanya 10 – 15 cm. Setelah itu, Anda perlu menyiram cangkok tiap hari. Jika sudah masuk umur 30 sampai 45 hari cangkok muali punya banyak peranakan sehingga siap dipindahkan ke media yang baru. Begitu.

Penanaman dan Perawatan Tumbuhan Ara atau Tin

Setelah bibit tumbuh besar, Anda bisa mulai memindahkan bibit ke dalam pot atau media tanam lainnya. Setelah memasukkan bibit ke media tanam, Anda harus menutupnya dengan tanah kemudian dipadatkan.

Buah tin sangat suka dengan daerah panas. Maka dari itu, tak perlu banyak penyiraman air, terkhusus ketika datang musim penghujan. Namun, ketika kemarau kering buah tin perlu asupan air. Jadi, Anda tatap harus melakukan penyiraman secara rutin.

Selain itu, dalam perawatan tanaman tin, diperlukan pemupukan. Pemupukan dapat dilakukan pada awal tanam dan pada saat tumbuhan berumur dua tahun. Pemupukan berfungsi dan bermanfaat dalam percepatan dan proses pembuahan tanaman tin.

Pemanenan Buah Tin

Panen adalah masa yang ditunggu pembudidaya. Pemanenan buah tin biasanya bisa dilakukan 4 – 5 bulan setelah tanam. Saat musim panas, pohon tin akan menghasilkan lebih banyak buah dan waktu matang yang lebih cepat.  

Apabila Anda tertarik untuk memulai budidaya buah tin, Vista Agro siap jual bibit buah tin yang unggul dan terpercaya.  Jika Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *