Hama Bibit Buah Tin

Hama Bibit Buah Tin
April 24, 2020 No Comments Bibit Buah Tin,Jual Bibit Buah Tin admin

Kualitas bibit buah tin merupakan salah satu faktor yang berdampak terhadap keberhasilan budidaya buah tin. Namun, itu bukanlah satu-satunya. Masih banyak faktor lainnya yang juga memiliki pengaruh terhadap keberhasilan budidaya buah tin. Keberhasilan budidaya seringkali dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang ada. Misalnya, kondisi tanah, kondisi iklim, maupun kondisi cuaca dan kerentanan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.

 Memiliki banyak tanaman sehat, bagi sebagian besar orang, adalah sebuah kebahagiaan. Apalagi bagi penanam pohon tin atau pohon ara. Pasalnya, selain dapat dimanfaatkan sebagai tanaman budidaya, pohon tin juga biasa digunakan sebagai tanaman hias.

Tanaman buah tim memiliki penampilan yang cantik. Ia memilikki daun yang menjari dengan ukuran sebesar telapak tangan. Buah tin muncul dari ketiak daun. Ukurannya pun bisa dibilang menggemaskan. Buah tin berukuran sebesar bola pingpong. Ada yang berbentuk lonjong, ada pula yang bulat.

Selain tampilan yang cantik, buah tin ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Ia menyimpan banyak sekali manfaat. Dengan kandungan zat sejenis alkalin, buah tin mampu menghilangkan keasaman pada tubuh, mengobati luka luar, merangsang pembentukan hemoglobin darah, dan mengandung kadar glukosa tinggi tapi tak menyebabkan diabetes.

Dengan segudang manfaat itu sangat sayang apabila kita gagal membudidayakan buah tin. Kegagalan ini tak jarang disebabkan oleh hama ataupun penyakit. Namun, begitulah dunia budidaya. Selalu ada risiko yang mengancam. Pastinya, dalam menanam tanaman selalu ada rintangan. Budidaya tak selalu berjalan mulus. Selalu ada hambatan yang datang setiap prosesnya. Maka dari itu, penting bagi para petani atau pembudidaya untuk mengetahui apa saja hambatan tersebut. Hal itu berguna untuk meminimalisir kegagalan budidaya. Makin Anda mengetahui ilmu budidaya, maka Anda akan makin mengerti pula bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah saat proses budidaya.

Hama dan Penyakit pada Tanaman Tin

Serangan hama dan penyakit itu dapat mengakibatkan gagal dan terhambatnya pertumbuhan. Bahkan jika serangan itu sudah parah, tumbuhan bisa mati. Nah, oleh karena itu kita sebagai petani tin bisa mulai mewaspadi serangan hama dan penyakit pada tanaman tin sedini mungkin. Upaya pencegahan akan sangat bermanfaat sebab dapat menekan angka kerugian yang dihasilkan oleh hama dan penyakit.

Di bawah ini adalah penjelasan serta cara penanganan beberapa hama dan penyakit yang sering kali menyerang tanaman tin:

  • Mati Pucuk

Penyakit ini disebabkan oleh Botrytis cinerea. Mati pucuk merupakan penyakit yang dapat membuat gejala layu pada daun muda. Selain itu, daun muda bisa menggulung dan berubah warna jadi hijau pucat atau bahkan coklat. Serangan itu adalah gejala yang disebabkan oleh mati pucuk. Infeksi ini bisa menyebar ke bagian lain pada tanaman sepeti cbang, pangkal batang, maupun tangkai buah.

Untuk mengendalikan penyakit ini Anda dapat melakukan usaha pemupukan yang tepat serta penyiraman yang rutin selama musim kering atau kemarau. Sebisa mungkin, usahakan agar tanaman tak dinaungi suatu hal yang mengakibatkan kelembaban jadi tinggi. Jika tanaman Anda sudah terinfeksi, cara pengobatannya adalah dengan segera memotong bagian yang terkena. Kemudian mengoleskan fungisida dengan bahan aktif iprodione sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan.

  • Kanker Bakteri

Tak hanya manusia yang bisa kena kanker. Pohon tin pun bisa. Penyakit kanker bakteri yang mengancam pohon tin ini disebabkan oleh pseudomonas fici. Gejala yang biasa muncul pada penyakit ini adalah berccak basah pada cabang. Yang selanjutnya mengering dan menyebabkan pecah kulit batang serta cabang. Serangan kanker bakteri yang sudah berat bisa menyebaban matinya cabang pohon yang terserang.

Penanganan kanker bakteri tak jauh beda dengan mati pucuk. Mudah saja, yaitu dengan segera memotong bagian yang terkena penyakit. Lalu, Anda bisa mengoleskan bubur bordearux pada bagian yang terpotong.

  • Penyakit Karat

Puccinia polysora adalah penyebab dari penyakit ini. Daun muda biasanya adalah bagian yang diserang oleh penyakit karat. Gejala yang dapat dilihat akibat penyakit satu ini, yaitu munculnya bintik kuning – hijau kecil yang ada pada daun. Penyakit ini apabila tak segera diatasi bisa mengakibatkan kerontokan.

Cara mengatsi penyakit karat dapat dilakuakan dengan cara menjaga sanitasi serta menyemprot daun menggunakan pestisida dengan dosis yang pas, tepat, dan sesuai anjuran. Sebab, apabila penggunaan pestisida yang tak cocok bisa berakibat buruk pada tanaman dan media tanam.

Cara Mendapatkan Bibit Tin Unggul

bibit pohon tin
bibit buah tin

Tanaman tin memiliki kekebalan yang berbeda-beda terhadap serangan penyakit. Hal ini dipengaruhi oleh seberapa berkualitaskah bibit yang digunakan oleh pembudidaya. Anda bisa menggunakan bibit yang Anda buat sendiri. Namun, caranya agak memakan waktu dan susah. Untuk Anda yang belum terlalu berpengalaman dengan pembuatan bibit malah bisa berisiko. Sebab, bagaimanapun bibit itu adalah faktor yang memengaruhi berhasil atau tidaknya budidaya.

Namun, Anda tak perlu khawatir akan hal itu. Kini, sudah banyak orang yang menyediakan bibit buah tin di pasar. Meski begitu, Anda juga perlu jeli dan hati-hati. Sebab, bibit yang dijual tak selalu memiliki kualitas yang baik.

Jadi, apabila Anda tertarik untuk memulai budidaya buah tin, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit buah tin yang unggul dan terpercaya.  Jika Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *